Kamis, 17 Februari 2011

Inspirasi Bisnis Kelinci


Bluetooth Earphone

 Kelinci kini tak hanya menjadi korban percobaan para ilmuwan atau sekadar hewan peliharaan anak-anak. Hewan yang dijadikan logo majalah Playboy itu juga telah menjadi salah satu ladang usaha yang menjanjikan keuntungan menantang. Sebab, daging kelinci bisa diolah menjadi santapan lezat yang kian digemari masyarakat. Modalnya kecil dan pemeliharaannya tak sulit.daging kelinci yang rasanya gurih itu pun belakangan diolah menjadi berbagai jenis masakan.Keuntungannya pun sangat menantang, bisa mencapai 200%, tak kalah dibandingkan dengan usaha penggemukan sapi atau kambing. Tapi, lantaran belum banyak yang mengetahui tata cara beternak dan menggemukkan kelinci, orang yang menekuni usaha ini masih langka.
Di zaman susah begini, tak banyak bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan sebesar ini.

Ciriciri fisik kelinci yang baik :
1.Kelinci yang sehat memiliki sifat yang lincah dan aktif, gerakanya energik dan memiliki nafsu makan yang tinggi.
2.Memiliki kepala yang sesuai dengan ukuran badan
3.Mermata bulat bercahaya, selaput matanya bersih, mempunyai pandangan yang cerah dan jernih.
4.Bagian hidung, moncong dan mulutnya dalam keadaan bersih.
5.Berkaki normal, kuat kokoh dan berkuku pendek.
6.Berbadan bulat, berdada lebar, padat dan singset.
7.Berkulit licin dan tidak terasa benjol-benjol bila diraba. Berbulu licin, bersih, halus, mengkilat dan rata.
8.Dubur bersih, kering dan tidak terdapat tanda-tanda kotoran bekas mencret.
Ekornya kecil, tumbuh lurus keatas dan tampak menempel ke punggung serta bentuknya tidak miring atau rebah kesamping/terpuntir.

Agar bongsor dan banyak anak
Beternak kelinci sesungguhnya tidak sukar. Modal untuk memulai usaha ini juga tak kelewat gede. Untuk memiliki peternakan kelinci dengan populasi 1.000 ekor, misalnya, modal yang dibutuhkan sekitar Rp 10 juta. ”Labanya gede, risiko gagalnya kecil,” terang Budiarjo, yang memiliki 1.000 ekor kelinci. Yakin pada cerahnya prospek bisnis ini, tak lama lagi ia akan mengembangkan sistem titip bibit kepada peternak lain. Setelah si bibit gede dan layak jual, ia akan membeli kembali semua kelinci tersebut.
Soal pemeliharaan kelinci, entah untuk penggemukan atau beternak, pun tak begitu sukar. Seperti dituturkan para peternak dan penggemuk kelinci di Jawa Timur, asalkan tahu rahasianya, risiko gagalnya kecil sekali. Salah satu rahasianya adalah memilih bibit atau anakan yang tepat. Jangan memilih kelinci lokal. Kendati telaten mengurus anaknya, postur tubuhnya kecil. Jangan pula memilih kelinci Australia, biar badannya bongsor, tapi tak becus mengurus anak. ”Jadi, pilihlah hasil silangan kelinci lokal dan kelinci Australia,” ujar Paijo, peternak kelinci dari Batu, Malang.
Kelinci blasteran berharga sekitar Rp 6.000 per ekor ini memiliki sifat-sifat unggul seperti: berat tubuhnya mencapai 6–8 kg; rajin beranak, bisa empat kali setahun. Kelinci ”indo” ini juga dikenal sayang dan rajin menyusui anaknya. Berbagai keunggulan ini bisa menekan tingginya risiko kematian bayi kelinci pada umur 0–1,5 bulan.
Setelah memperoleh bayi kelinci yang harganya sekitar Rp 6.000 seekor, kelinci itu dimasukkan ke kandang. Menurut Budiarjo, untuk menghemat lahan, khususnya untuk usaha penggemukan kelinci, bisa memakai kandang baterai. Kandang baterai ini bisa dibuat dari bambu, kawat, atau papan. Ukurannya 40 cm x 30 cm x 40 cm, satu kandang untuk seekor kelinci. Kandang ini dibuat saling bersambung dan bertingkat.
Yang terpenting dalam proses pemeliharaan, si kelinci harus diberi pakan yang cukup agar sehat dan tubuhnya cepat montok. Pakannya adalah sayur-sayuran hijau seperti kubis, kangkung, bayam, atau wortel. Harga sayuran untuk pakan kelinci ini tak begitu mahal. Bahkan, seperti yang dilakoni Budiarjo, pakan tersebut diperoleh secara gratis dengan cara mengumpulkan sisa sayur apkiran di pasar-pasar. Setiap hari Budiarjo membutuhkan satu mobil pick up sayuran untuk 1.000 ekor kelincinya. Soal penyakit, si kelinci rada kebal. ”Paling juga kena penyakit kulit kayak gudik,” ujar seorang peternak. Penyakit kulit ini bisa diatasi dengan bedak doris.

Untuk mencapai berat ideal 5–8 kg, waktu yang dibutuhkan hanya 2–3 bulan. Di pasaran sekarang ini harga sekilogram kelinci hidup berkisar antara Rp 5.000–7.000. Untuk memasarkan, umumnya peternak tak mengalami kesulitan. Sebab, sebelum memulai usaha, mereka sudah memiliki pelanggan yang siap menampung hasil panennya.
Berbeda dengan penggemukan, usaha peternakan yang bertujuan membiakkan si kelinci sebanyak mungkin tentu membutuhkan pejantan. Seekor pejantan kelinci bisa mengawini lima betina. Peternak harus rajin memperhatikan waktu kawin ternaknya. Begitu si betina terlihat berkeinginan untuk kawin, si pejantan harus segera dimasukkan ke kandangnya. Kelinci blasteran umumnya bisa melahirkan empat kali setahun. Sampai berusia lima minggu, si bayi kelinci tetap berada di kandang induknya untuk disusui dan dijagai ibunya. Setelah itu, si anak disapih dan dimasukkan ke kandang terpisah.
Kelinci blasteran yang doyan beranak itu bisa melahirkan anak 6–12 ekor sekali brojol. Jadi, jika memiliki 100 ekor indukan, dalam waktu setahun jumlah ternak kelinci sudah berbiak sedikitnya menjadi 600 ekor. Jika seekor anak kelinci kemudian dijual dengan harga Rp 30.000 saja, hitung sendiri berapa besar omzet yang bisa didapat. Nah, daripada sibuk menghitung keuntungan orang lain, kenapa tak mencoba sendiri?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar